Materi BAB IV ANALISIS SISTEM & BAB V TEKNIK PENGUMPULAN DATA | Sistem Informasi
BAB IV
ANALISIS SISTEM
Langkah-langkahnya:
1. Identify:
mengidentifikasi masalah
2. Understand:
memahami kerja dari sistem yang ada
3. Analyze:
menganalisis sistem
4. Report: membuat
laporan hasil analisis
1.
Mengidentifikasi Masalah
1. Mengidentifikasi
Penyebab Masalah
Pada
tahap ini kita harus dapat mengetahui apa yang menyebabkan masalah terjadi.
Misal terjadi penurunan omzet penjualan karena banyak konsumen yang komplain
terhadap divisi penjualan tersebut.
2. Mengidentifikasi Titik Keputusan
Setelah penyebab terjadinya masalah dapat
ditentukan, selanjutnya juga harus ditentukan titik keputusan penyebab masalah
tersebut.
Contoh: penyebab masalah konsumen komplain karena pelayanan yang kurang
baik terhadap konsumen. Titik keputusan yang mengakibatkan terjadinya sebab
masalah ini adalah penanganan order langganan di bagian order penjualan yang
kurang baik kepada pelanggan.
3. Mengidentifikasi
Personil-Personil Kunci
Setelah titik-titik keputusan penyebab masalah
dapat diidentifikasi beserta lokasi terjadinya, maka selanjutnya yang perlu
diidentifikasi adalah personil-personil kunci baik yang langsung maupun tidak
langsung dapat menyebabkan terjadinya masalah tersebut.
2. Memahami Kerja
dari Sistem yang
Dapat
dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana sistem yang ada
beroperasi. Untuk mempelajari operasi dari sistem ini diperlukan data yang
dapat diperoleh dengan cara melakukan penelitian:
1. Menentukan jenis
penelitian
2. Merencanakan
jadwal penelitian
3. Membuat penugasan
penelitian
4. Membuat agenda
wawancara
5. Mengumpulkan hasil
penelitian
3. Menganalisis Hasil Penelitian
Langkah
ini dilakukan berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian yang
telah dilakukan. Kita dapat menganalisis:
1. kelemahan dari
sistem lama tersebut
2. kebutuhan data dan informasi bagi pemakai sistem dan pihak manajemen
4. Membuat Laporan Hasil Analisis
Isinya adalah:
- Alasan melakukan analisis sistem
- Menguraikan permasalahan-permasalahan
yang terjadi pada sistem lama
- Mengidentifikasi penyebab masalah
- Mengidentifikasi titik keputusan
- Menguraikan penelitian yang dilakukan
- Menguraikan hasil analisis
- Kesimpulan analisis
BAB V
TEKNIK PENGUMPULAN DATA
1.
TEKNIK WAWANCARA
Wawancara (interview) telah diakui sebagai teknik
pengumpulan data/fakta yang penting dan banyak dilakukan dalam pengembangan
sistem informasi. Wawancara memungkinkan analis sistem sebagai pewawancara (interviewer)
untuk mengumpulkan data secara tatap muka langsung dengan orang yang
diwawancarai (interviewee).
A.
Mempersiapkan Wawancara
- Aturlah pertemuan dengan orang yang akan
diwawancarai terlebih dahulu.
- Utarakanlah maksud dari wawancara.
- Aturlah waktu wawancara yang paling tepat supaya
tidak mengganggu kerja dari orang yang diwawancarai.
- Buatlah jadwal wawancara terlebih dahulu, bila
wawancara akan dilakukan beberapa kali atau oleh pewawancara yang berbeda
dan orang yang diwawancarai juga berbeda.
- Buatlah suatu panduan wawancara (interview
guide) supaya wawancara dapat berjalan dengan lancar. Interview guide adalah daftar
pengecekan (checklist) dari pertanyaan-pertanyaan yang akan
diajukan oleh pewawancara serta penjadwalan waktunya.
B.
Melakukan Wawancara
- Mengenalkan diri terlebih dahulu siapa sebenarnya
Anda.
- Menjelaskan apa tujuan dari wawancara ini dan
hubungannya dengan proyek sistem informasi yang sedang dikembangkan.
- Menjelaskan peranan-peranan yang akan diberikan
oleh orang yang diwawancarai dari hasil wawancara ini.
- Jagalah suasana wawancara tetap santai, tetapi
terarah dan menyenangkan.
- Mintalah pendapat-pendapat atau ide-ide tambahan
yang mungkin belum diungkapkan.
- Pada akhir wawancara, bacakanlah
rangkuman-rangkuman dari hasil wawancara dan mintalah kepada yang
diwawancarai untuk membetulkan bila ada hal-hal yang tidak sesuai.
- Ucapkanlah terima kasih bila wawancara telah selesai serta mintalah kesediaan kembali untuk dihubungi atau untuk diadakan wawancara lagi bilamana perlu.
2.
TEKNIK OBSERVASI
Observasi
atau pengamatan merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang cukup efektif
untuk mempelajari suatu sistem. Observasi adalah pengamatan langsung suatu
kegiatan yang sedang dilakukan.
C.
Petunjuk melakukan observasi
Untuk
melakukan observasi, hal-hal berikut ini harus dilakukan:
a. Rencanakan terlebih dahulu observasi yang akan dilakukan,
meliputi:
-
apa yang akan diobservasi;
-
dimana letak lokasi observasi;
-
kapan observasi akan dilakukan;
-
siapa yang melaksanakan observasi ini;
-
siapa yang akan diobservasi;
-
bagaimana melaksanakan observasi ini.
b. Minta ijin terlebih dahulu dari manajer atau
pegawai-pegawai yang terlibat
c. Bertindaklah Dengan rendah hati (low profile)
d. Lengkapilah dengan catatan selama observasi berlangsung
e. Kaji-ulanglah hasil observasi dengan individu-individu yang
terlibat
3.
TEKNIK DAFTAR PERTANYAAN
Adalah
suatu daftar yang berisi dengan pertanyaan-pertanyaan untuk tujuan khusus yang
memungkinkan analis sistem untuk mengumpulkan data dan pendapat dari responden-responden
yang dipilih. Daftar pertanyaan ini kemudian akan dikirimkan kepada responden
yang akan mengisinya sesuai dengan pendapat mereka. Penggunaan daftar
pertanyaan ini mendapat banyak kritikan karena diragukan hasilnya. Akan tetapi
untuk mengumpulkan data dari jumlah sumber yang banyak, cara ini lebih efisien
dibandingkan teknik pengumpulan data yang lain.
D.
Tipe dari daftar pertanyaan
- Daftar Pertanyaan Format Bebas : berisi
dengan pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi oleh responden ditempat yang
sudah disediakan.
- Format Pasti : berisi dengan
pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah pasti dengan memilih jawaban
yang tersedia. Hasil dari daftar pertanyaan tipe ini akan lebih mudah
untuk ditabulasi dan diisi oleh responden. Daftar pertanyaan tipe ini mempunyai
beberapa bentuk pertanyaan.
1.
Check-off questions : macam dari
pertanyaan-pertanyaan ini dibuat sehingga responden dapat memeriksa (check-off)
jawaban-jawaban yang sesuai.
2.
Yes/No questions : macam dari
pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menjawab ‘ya’ atau
‘tidak’.
3.
Opinion/Choice questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini
memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya.
E.
Petunjuk Membuat Daftar Pertanyaan
- Rencanakanlah terlebih dahulu fakta-fakta atau
opini-opini apa saja yang ingin dikumpulkan.
- Berdasarkan fakta-fakta atau opini-opini tersebut,
tentukanlah tipe dari daftar pertanyaan yang paling tepat untuk
masing-masing fakta atau opini tersebut.
- Tuliskan
pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan.
- Uji daftar pertanyaan ini kepada responden yang
kecil terlebih dahulu.
- Perbanyaklah dan distribusikanlah daftar pertanyaan
yang sudah dianggap baik ini.
Comments
Post a Comment