Soal dan Jawaban BAB IV ANALISIS SISTEM & BAB V TEKNIK PENGUMPULAN DATA | Sistem Informasi

Nama: Muhamad Zein Algifari
NIM: 200511125
Kelas: R3
Mata Kuliah: Sistem Informasi


Soal

Jika NIM ganjil maka studi kasus mengenai system informasi penjualan e-commerce berbasis Android.

 

1.     Buatlah interview guide yang akan digunakan dalam melakukan penelitian pada perancangan system informasi di atas.

2.     Apa yang dimaksud dengan Teknik pengumpulan data secara observasi (pengamatan) sebutkan kelebihan dan kelemahan.

3.     Buatlah catatan hasil observasi terkait dengan perancangan system yang akan dibuat.

            a. Kendala / permasalahan pada sistem sebelumnya

            b. Kebutuhan data / informasi /sistem / teknologi yang akan digunakan

4.     Jelaskan apa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan Teknik Daftar Pertanyaan! Serta jelaskan perbedaan antara tipe daftar pertanyaan dalam format bebas dan tipe daftar pertanyaan dalam format pasti.

5.     Buatlah daftar – daftar pertanyaan dengan format bebas dan format pasti dalam bentuk:

·       Check off Questions

·       Yes / No Questions

·       Opinion Questions

Dalam perancangan system informasi tersebut yang ganjil mengenai system informasi penjualan E-commerce Berbasis Android.




Jawaban

  1. Interview guide mengenai system informasi penjualan e-commerce berbasis Android.

Owner e-commerce X

1.     Sudah berjalan berapa lama e-commerce ini?

2.     Apa saja keuntung dari e-commerce berbasis Android ini?

3.     Kenapa memilih penjualan E-Commerce berbasis Android?

4.     Apa saja kerungian dari penjualan E-Commerce berbasis Android ini?

5.     Apa saja yang bisa di perjualkan di E-Commerce ?

6.     Bagaimana cara mengelolah keuangan E-Commerce berbasis Android ini?

7.     Apakah dalam melayani penjualan E-commerce berbasis Android pernah mengalami kesalahan?

8.     Bagaimana cara agar orang-orang lebih tertarik dengan E -Commerce berbasis Android ini?

9.     Bagaimana perkembangan E-Commerce berbasis Android di musim pandemi ini?

10.  Berapa keuntungan dari E-Commerce berbasis Android ini?

11.  Bagaimana cara mengatasi persaingan di E-Commerce berbasis Android ini?

 

 

Team marketing e-commerce X

1.     Bagaimana sasaran penjualan e-commerce ini?

2.     Lewat apa saja e-commerce ini di promosikan?

3.     Seberapa penting team marketing dalam proses penjualan?

4.     Adakah target penjualan barang? Jika target tersebut tidak sesuai dengan ekspetasi apa yang dilakukan sebagai team marketing

5.     Apa saja kendala yang pernah di alami sebagai team marketing?

 

2. TEKNIK OBSERVASI

Observasi atau pengamatan merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang cukup efektif untuk mempelajari suatu sistem. Observasi adalah pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang dilakukan.

 

Petunjuk melakukan observasi

Untuk melakukan observasi, hal-hal berikut ini harus dilakukan:

a. Rencanakan terlebih dahulu observasi yang akan dilakukan, meliputi:

-       apa yang akan diobservasi;

-       dimana letak lokasi observasi;

-       kapan observasi akan dilakukan;

-       siapa yang melaksanakan observasi ini;

-       siapa yang akan diobservasi;

-       bagaimana melaksanakan observasi ini.

 

b. Minta ijin terlebih dahulu dari manajer atau pegawai-pegawai yang terlibat

c. Bertindaklah Dengan rendah hati (low profile)

d. Lengkapilah dengan catatan selama observasi berlangsung

e. Kaji-ulanglah hasil observasi dengan individu-individu yang terlibat

 

Metode Pengumpulan data dengan teknik Observasi 

kelelebihan dari observasi adalah sebagai berikut:

1)    Merupakan alat yang langsung untuk meneyelidiki bermacam-macam gejala. banyak aspek tingkah laku manusia dapat diselidiki melalui jalan observasi langsung.

2)    Untuk subyek yang diselidiki observasi lebih sedikit tentunya bagi orang yang selalu sibuk, mungkin tidak keberatan untuk di amati, tapi mungkin keberatan untuk mengisi kuesioner-kuesioner.

3)    Memungkinkan pencatatan yang serempak dengan terjadinya suatu gejala.

4)    Tidak tergantung pada self-report

5)    Banyak kejadian penting yang tidak dapat diperoleh dengan pengamatan langsung.

kekurangannya adalah sebagai berikut:

1)    Banyak kehidupan pribadi yang tidak terungkap, misalnya kehidupan pribadi yang rahasia.

2)    Memungkinkan terjadinya ketidakwajaran apabila yang di oservasi mengetahui bahwa dirinya sedang di observasi.

3)    Observasi banyak tergantung dari faktor yang tidak terkontrol.

4)    Subyektifitas observer sukar dihindarkan.

 

3. Catatan hasil observasi

a) Kendala / permasalahan pada sistem informasi

·       Munculnya modus kriminal atau tindak kejahatan baru yaitu penipuan online

·       Pembajakan kartu kredit yang dilakukan oleh para peretas (black hacker) yang menerobos masuk ke dalam jaringan sistem server perbankan, maupun para merch ant online.

·       Hukum yang belum secara jelas mengatur tentang e-commerce dan perdagangan digital.

·       Masih terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal infrastruktur teknologian transportasi, jika membandingkan kota-kota besar dengan kota-kota kecil di berbagai wilayah Indonesia.

·       Kepercayaan konsumen khususnya terhadap penggunaan teknologi e-commerce di Indonesia.

b) Kebutuhan data / informasi /sistem / teknologi yang akan digunakan

·       Data stok barang

·       Data harga barang

·       Profil e-commerce

·       Website

·       Foto barang

·       Sasaran penjualan

·       Data testimoni penjualan agar pembeli percaya

·       Data pembeli

·       Data transaksi penjualan

 

4. TEKNIK DAFTAR PERTANYAAN (Teknik Kuesioner)

Adalah suatu daftar yang berisi dengan pertanyaan-pertanyaan untuk tujuan khusus yang memungkinkan analis sistem untuk mengumpulkan data dan pendapat dari responden-responden yang dipilih. Daftar pertanyaan ini kemudian akan dikirimkan kepada responden yang akan mengisinya sesuai dengan pendapat mereka. Penggunaan daftar pertanyaan ini mendapat banyak kritikan karena diragukan hasilnya. Akan tetapi untuk mengumpulkan data dari jumlah sumber yang banyak, cara ini lebih efisien dibandingkan teknik pengumpulan data yang lain.

 

Kelebihan Teknik Daftar Pertanyaan (Teknik Kuesioner)

·       Kuesioner baik untuk sumber data yang banyak dan tersebar.

·       Responden tidak merasa terganggu, karena dapat mengisi kuesioner dengan memilih waktunya sendiri yang paling luang.

·       Kuesioner secara relative lebih efisien untuk sumber data yang banyak.

·       Karena kuesioner biasanya tidak mencantumkan identitas responden, maka hasilnya dapat lebih objektif.

Kekurangan Teknik Daftar Pertanyaan (Teknik Kuesioner)

·       Kuesioner tidak menggaransi responden untuk menjawab pertanyaan dengan sepenuh hati.

·       Kuesioner cenderung tidak fleksibel, artinya pertanyaan yang harus dijawab terbatas yang dicantumkan di kuesioner saja, tidak dapat dikembangkan lagi sesuai dengan situasinya.

·       Pengumpulan sampel tidak dapat dilakukan secara Bersama – sama dengan daftar pertanyaan, lain halnya dengan observasi yang dapat sekaligus mengumpulkan sample.

·       Kuesioner yang lengkap sulit untuk dibuat.

 

Tipe dari daftar pertanyaan

Ada dua macam format dari daftar pertanyaan, yaitu format bebas (free format) dan format pasti (fixed format). Dalam suatu daftar pertanyaan dapat hanya berbentuk format bebas saja atau format pasti saja atau berisi gabungan dari keduanya.

    1. Daftar Pertanyaan Format Bebas : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi oleh responden ditempat yang sudah disediakan.

 

    1. Format Pasti : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah pasti dengan memilih jawaban yang tersedia. Hasil dari daftar pertanyaan tipe ini akan lebih mudah untuk ditabulasi dan diisi oleh responden. Daftar pertanyaan tipe ini mempunyai beberapa bentuk pertanyaan.

1)    Check-off questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini dibuat sehingga responden dapat memeriksa (check-off) jawaban-jawaban yang sesuai.

2)    Yes/No questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’.

3)    Opinion/Choice questions :  macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya.

 

Petunjuk Membuat Daftar Pertanyaan

    1. Rencanakanlah terlebih dahulu fakta-fakta atau opini-opini apa saja yang ingin dikumpulkan.
    2. Berdasarkan fakta-fakta atau opini-opini tersebut, tentukanlah tipe dari daftar pertanyaan yang paling tepat untuk masing-masing fakta atau opini tersebut.
    3.  Tuliskan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan.
    4. Uji daftar pertanyaan ini kepada responden yang kecil terlebih dahulu.
    5. Perbanyaklah dan distribusikanlah daftar pertanyaan yang sudah dianggap baik ini.

5. Pertanyaan format Pasti

a. Bagaimanakah cara anda untuk mengambil keuntungan dari E-comnerce tersebut?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

b. Adakah ada standar Teknologi Dari E-commerce yang Anda buat di android?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

c. Apakah anda menjaga keamanan dari E-commerce berbasis android?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

d. Sebutkan Keunggulan - keunggulan dari produk E-commerce berbasis android yang Anda buat?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Pertanyaan format bebas

A. Check off Question

·       Mana yang menjadi sasaran utama dalam E-commerce berbasis android anda?

a. Masyarakat menengah keatas         c. Masyarakat menegah kebawah

b. Investor

·       Mana yang menjadi tantangan utama dalam E-commerce berbasis android anda?

a. Keamanan                                       c. kepercayaan dan resiko konsumen

b. Keterbatasan SDM                          d. Model bisnis

·       Mana yang menjadi manfaat utama dalam E-commerce berbasis android anda?

a. Jangkauan global                            c. Efisien penggadaian

b. Kecepatan time to market               d. Inovasi model bisnis

·       Mana yang menjadi protocol standar yang anda gunakan dalam E-commerce berbasis android anda?

a. Electronic Data Interchange (EDI)

b. Open Buying on the Internet (OBI)

c. Electronic Wallet

 

B. Yes/no Question

·       E-Commerce membantu saya untuk mengurangi biaya melalui pembelian berbasis Android (ya/tidak)

·       E-commerce berbasis android memudahkan saya untuk melakukan transaksi (ya/tidak)

·       E-commerce Berbasis android menjamin keamanan saya dalam bertransaksi (ya/tidak)

·       E-commerce berbasis android mampu untuk menarik investor untuk berinvestasi ke bisnis yang saya miliki. (Ya/tidak)


C. Opinion Question

·       Bagaimanakah pendapat anda tentang kemanan E-commerce berbasis andorid?

1. Sangat Aman          2. Aman          3. Kurang Aman         4. Tidak Aman

5. Sangat Tidak Aman

·       Apakah E-commerce berbasis android ini menguntungkan menurut anda?

1. Sangat Menguntungkan         2. Menguntungkan         3. Kurang Menguntungkan        

4. Tidak Menguntungkan

5. Sangat tidak Menguntungkan

 

·       Bagaimanakah pendapat anda tentang Masa depan E-commerce berbasis android apakah sangat menjanjikan?

1. Sangat Setuju          2. Setuju          3. Kurang setuju         4. Tidak setuju

5. Sangat tidak setuju

 

·       Apakah E-commerce berbasis android banyak memiliki keunggulan menurut anda?

1. Sangat Setuju         2. Setuju        3. Kurang Setuju        4. Tidak Setuju

5. Sangat tidak Setuju

 


Comments

Popular posts from this blog

Soal dan Jawaban BAB II Tinjauan Umum Pengembangan Sistem & BAB III Kebijakan dan Perencanaan Sistem | Sistem Informasi

Soal dan Jawaban BAB I Konsep Dasar | Sistem Informasi

Soal dan Jawaban BAB VII DESAIN SISTEM SECARA UMUM Study 3 Kasus | Sistem Informasi